Your Ad Here


Blogging Tidak Untuk Semua Orang

By Jimmy Kurnia Indradjaya

http://jimmykurniaindradjaya.com

Blogging Tidak Untuk Semua OrangBlogging tidak untuk semua orang? Benar! Mengapa? Bukan karena ada larangan untuk membuat blog itu sendiri namun lebih kepada "apakah blogging/membuat blog cocok untuk saya?".

Bagi saya sendiri perjalanan untuk blogging ini dimulai sekitar 2 tahun yang lalu. Bagaimana saya tahu bahwa blogging ini cocok untuk saya? Pada saat itu saya memang sedang mencari satu jenis usaha yang tidak terlalu sulit baik dalam artian melakukannya maupun dalam hal permodalannya. Secara kebetulan pada saat saya browing di internet saya menemukan artikel tentang mencari uang lewat internet.

Dengan latar belakang ekonomi dan bekerja dibidang perbankan selama 11 tahun maka pilihan untuk melakukan usaha ini pada awalnya juga menjadi tanda tanya besar untuk saya. Hal yang ada di benak saya seperti "Saya khan enggak punya latar belakang IT/Teknologi Informasi, apa bisa?", "Modalnya besar enggak ya?", "Nanti kalau mentok ditengah jalan gimana?" dan pertanyaan2 lainnya yang terus berkecamuk di dalam pikiran saya. Namun pertanyaan2 itu tidak berhenti pada ketakutan.

Hal pertama yang saya rasa paling penting untuk saya ketahui adalah kecocokan saya dengan bisnis online ini. Untuk lebih memberikan kepastian maka saya melakukan sebuah tes kepribadian untuk melihat apakah saya cocok dengan bidang usaha ini atau tidak karena saya tidak mau salah dalam memilih. Ternyata hasil rekomendasi dari tes ini salah satunya adalah sebagai computer specialist/profesional. Jenis tesnya akan saya bahas di artikel yang selanjutnya.

Dari hasi tes ini saya mulai mencari artikel2 online yang berhubungan dengan peluang usaha/peluang bisnis dari internet baik yang dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Cukup banyak tawaran terutama yang berbahasa Inggris. Namun karena belum yakin bagaimana memulainya maka saya terus mengumpulkan data dan informasi.

Mungkin juga banyak orang yang masih bertanya2 dalam benak mereka apakah blogging dalam kaitannya dengan bisnis online akan cocok untuk diri mereka apalagi jika harus dilakukan secara full time. Diluar hasil tes diatas mungkin sebagai tahapan pertama kita dapat menanyakan kepada diri kita "Apakah saya "tahan" duduk minimal 2 - 3 jam sehari didepan komputer sambil membaca dan menulis di komputer?", "Bekerja secara mandiri dan tidak ada rekan kerja selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun?", "Tidak mempunyai bos sehingga semuanya harus saya yang atur sendiri dengan disiplin". Pertanyaan ini menurut saya sangatlah penting. Karena kalau jawabannya "tidak" maka secara pasti blogging bukan untuk anda.

Juga bagi orang yang ingin melakukan bisnis ini dengan motivasi untuk mendapatkan uang cepat dan santai juga bukan pilihan yang tepat. Usaha yang dijalankan secara online ini memang terkesan "santai". Gimana tidak…wong jam 8 pagi baru bagun (saya sendiri harus bangun pagi karena nganter istri kekantor)..he..he, kerjanya pakai baju rumah enggak usah susah-susah "ikat leher" pakai dasi, mau istirahat kapan saja bisa, Semua itu benar tapi akan menjadi salah kalau diartikan bisa bermalas-malas karena bisnis online ini juga sama dengan bisnis konvensional lainnya yang memerlukan kerja keras, disiplin dan yang pasti tidak ada yang namanya "cepat kaya" atau seperti orang yang makan cabai digigit langsung terasa pedas. Bisnis ini bukan sulap!

Kalau saya boleh bilang "tantangan" dalam bisnis mandiri ini bahkan lebih besar dari bekerja sebagai karyawan. Dikantor kita punya bos yang "mengawasi" kita dalam bekerja dan semua sudah ada aturan yang jelas. Dibisnis online ini kita harus bisa "memotivasi" diri sendiri untuk maju.

Jadi … blogging/bisnis online ini jelas tidak untuk semua orang… Bagaimana menurut anda?

Jawaban saya: Artikel yang sangat bagus sekali


0 Comments »

Leave a comment

The Irwandiaz Husen: © 2009 All rights reserved